Elon Musk: Biaya ke Mars Sekitar USD500.000 via SpaceX

Kata Elon, biaya ke Mars nanti sekitar 7 miliar kalau dirupiahin. Tiket pulangnya gratis. Itu kalau naik SpaceX, kalau yang lebih mahal, banyak.


Sekarang sudah waktunya buat mikirin nabung buat rencana liburan ke Mars. Pesawat antariksa SpaceX kembangan Elon Musk memang belum meninggalkan bumi, tapi beliau sudah berspekulasi soal harga yang mungkin dihabiskan kalau seseorang tertarik mencoba perjalanan terjauh manusia bumi.

Dalam sebuah tweet beberapa hari lalu, Mas Elon bilang kalau dia cukup yakin biaya perjalanan ke Planet Merah suatu hari nanti akan menghabiskan dana sekitar USD 500.000 atau sekitar 7 miliar rupiah. Kalau ada lebihnya ya mungkin sekitar 30 jutaan. Namun, harga itu sangat tergantung pada volume, kata Elon.


Elon berpikir harga tersebut bisa saja turun ke harga USD 100.000 kalau banyak penduduk negara maju yang tertarik dan mau menjual rumah mereka di bumi untuk pindah ke Mars.

Setengah juta dolar mungkin terlihat sangat mahal, tetapi bandingkan dengan harga penerbangan ke luar angkasa dengan Virgin Galactic yang memakan biaya sampai USD 9.5 juta. Itu cuma ngambang-ngambang di luar angkasa, enggak sampai ke Mars.

Salah satu hal penting yang harus saya garis bawahi di tweet Elon Musk ini adalah, SpaceX menggratiskan tiket pulang kalau—misalnya—kamu nggak suka kentang. Karena, di Mars nanti kentang akan jadi makanan pokok. Kalau kamu pernah nonton The Martian, kamu pasti paham. Nah, kalau kamu benci kentang, kamu bisa minta dipulangkan ke bumi lagi aja.

Starship SpaceX yang tampilannya kayak terbuat dari stainless steel ini masih dalam tahap pengembangan sampai saat ini. Perusahaan membangun prototype “Hopper” untuk menguji lepas landas dan pendaratan serta mesin roket Raptor yang akan menggerakkan pesawat ruang angkasa tersebut.

Sebelum memulai perjalanan ke Mars secara publik, Elon bersama SpaceX berencana mengelilingi bulan dulu pada tahun 2023 dengan turis di dalamnya. Saya yakin, harganya jauh lebih murah dibandingkan tiket ke Mars.


Elon sendiri mengatakan kalau peluangnya untuk pindah ke Planet Merah adalah sebesar 70%. Dan dari cuitannya, kayaknya dia cukup serius dengan perkataannya, soalnya dia sempat flirting-flirting gitu di Twitter sama akun MARS. Nah, kamu masih bisa nabung beberapa tahun sebelum memutuskan uangnya buat pindah ke Mars, atau beli rumah mewah di bumi aja.