10 Aplikasi Rekomendasi untuk Hidup Lebih Baik di 2019

Aplikasi-aplikasi ini bisa membantu kamu untuk meraih resolusi yang sudah kamu atur di awal tahun.


Bulan lalu kamu ingat enggak, bikin resolusi untuk tahun 2019?  Kalau belum, bikin hari ini juga enggak apa-apa, mumpung Tahun Taru Cina. #EH.

Nah, ngomongin soal resolusi dan teknologi, saya punya beberapa rekomendasi aplikasi untuk smartphone yang bisa kamu coba untuk hidup yang lebih baik di 2019 ini.


#1 Aloe Bud

Aloe Bud adalah aplikasi yang akan mengingatkanmu untuk melakukan aktivitas selayaknya manusia pada umumnya; makan, minum, olahraga, bertemu teman-teman, dan sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan bisa menjalani hidup yang teratur dan sehat karena aplikasi ini akan ngasih tau kapan kamu terakhir kali minum. Gebetan kamu aja enggak seperhatian ini, kan?

Unduh aplikasinya di sini.

Oh iya, untuk saat ini Aloe Bud baru tersedia untuk perangkat iOS. Namun, kabar baiknya, 2019 ini mereka mengusahakan Aloe Bud akan tersedia untuk Android.

#2 ELS: Everybody Loves Sleep

Kalau kamu pengin tau apakah tidur kamu semalam berkualitas atau enggak, coba pakai ELS. Dengan aplikasi ini, kamu akan tau kualitas tidur kamu dan ia akan merekemondasikan kiat-kiat jika ternyata tidur kamu enggak berkualitas.

Aplikasi ini sudah tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

#3 ToDon’t

Pernah dengar aplikasi To Do? Nah, ini kebalikannya. Namun jangan salah kaprah dulu. Fungsi dari ToDon’t adalah membuat kamu berhenti melakukan hal-hal yang enggak bikin kamu produktif seperti menunda-nunda pekerjaan, atau membantu kamu untuk memilih benda atau melakukan sesuatu yang tidak perlu-perlu amat. Misal kayak balikan sama mantan. #EH.

Unduh aplikasi untuk iOS di sini.

#4 Loosid

“Jangan mabuk sendirian. Berat. Kamu gak akan kuat. Biar aku saja.” – Bukan Dilan.
Loosid adalah aplikasi yang akan mempertemukan kamu yang suka minum-minum dan ajeb-ajeb di akhir pekan. Dan.. aplikasi ini juga berguna buat kamu yang mau berhenti minum, dan menggantinya dengan kegiatan lain seperti kencan, atau menjalin pertemanan di grup dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan yang sama. Siapa tau di aplikasi tersebut kamu bisa bertemu dia yang ternyata juga sudah mau insyaf seperti kamu, lalu kalian hidup bahagia selamanya.

Unduh Loosid untuk Android dan iOS.

#5 Smoke Free

Bagi sebagian orang, merokok adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Menyuruh mereka berhenti ngerokok sama aja kayak nyuruh mereka berhenti ngisap nikotin #LAH.

Nah, apa yang ditawarkan Smoke Free ini cukup unik. Aplikasi ini bisa membantu kamu berhenti merokok dengan cara ngasih tips, motivasi, grafik keuangan kalau kamu alihkan uang rokok kamu, dan hal bermanfaat lainnya. Buat saya, yang paling penting dari penggunaan aplikasi ini adalah saya bisa memperbaiki kondisi finansial kalau nurut sama Smoke Free.

Unduh Smoke Free untuk iOS dan Android.

#6 Calm

Kalau kamu adalah orang yang sangat sibuk dan hampir enggak punya waktu untuk sekadar menikmati kasur, coba deh pasang aplikasi Calm (unduh untuk iOS dan Android) di smartphone kamu. Calm bisa banget bantu kamu menemukan waktu terbaik untuk menemukan kedamaian.

Aplikasi ini menawarkan banyak sekali pilihan untuk memberikan kamu kedamaian. Ada banyak jenis terapi untuk mengurangi stress karena lelah bekerja, dan fitur-fitur bermanfaat yang bisa membuat kamu lebih tenang.

Aplikasi ini berbayar, tetapi jangan khawatir karena jumlah yang kamu bayarkan akan sepadan dengan damai yang kamu rasakan. Aplikasi ini adalah Editor’s Choice di Google PlayStore 2018 dan Apple App of the Year tahun 2017.

#7 Lumosity

Kalau kamu pengen main game yang enggak berat alias game yang santai dan enggak bikin pusing setelah lelah bekerja seharian, Lumosity adalah pilihan yang sangat pas. Game ini menguji dan mempertajam otak dengan ngasih teka-teki, permainan ingatan, ngetes logika, dan beberapa game lain yang sederhana tetapi menyenangkan.

Kamu bisa menjadikan game ini sebagai bahan belajar, menambah pengetahuan, dan mempelajari di mana kelemahan dan kelebihan kognitif kamu.

Unduh Lumosity untuk iOS dan Android.

#8 Anxietyhelper

Aplikasi yang satu ini bisa ngasih tau kamu informasi tentang kecemasan-kecemasan yang bisa menyerang siapa saja, apa gejalanya, dan bagaimana cara mengatasinya. Lewat aplikasi ini kamu bisa memahami tubuh kamu lebih dalam.

Jika kamu adalah orang yang rentan terhadap rasa cemas berlebihan, aplikasi ini memiliki sensor yang dapat membaca tanda-tanda tersebut dan mengirimkan sinyal atau informasi ke orang yang kamu percaya untuk dapat memberi kamu pertolongan pertama.

Aplikasi ini baru tersedia untuk pengguna iOS, sementara untuk Android, kamu bisa coba Stop Panic & Anxiety Self-Help.

#9 Day One Journal

Punya catatan untuk segala hal yang kamu lakukan adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui sejauh mana kamu sudah berubah dalam jangka waktu tertentu. Sebetulnya aplikasi serupa ada banyak, jadi kamu bisa memilih satu yang jadi favorit kamu saja. Saya memilih Journal karena ini adalah salah satu aplikasi yang cukup up to date.

Dan hal lain, aplikasi ini sudah tersedia untuk pengguna iOS maupun Android.

#10 Stretch Timer

Ya, seperti namanya, aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa bantu kamu melakukan peregangan secara rutin dan terkontrol. Tentu saja untuk hidup yang lebih sehat di tahun 2019 ini kamu bisa memulai dengan melakukan olahraga kecil seperti stretching sebelum pindah ke tahap yang lebih lanjut dan lebih sulit. Aplikasi yang juga sudah tersedia untuk pengguna iOS dan Android ini akan ngasih kamu musik rekomendasi setelah olahraga kecil biar kamu bisa istirahat dengan baik.