Chromebook Terbaik di CES 2019

Brand berlomba-lomba pamer chromebook di CES 2019, nggak ada satu pun yang pamer belahan dada.



Sistem operasi milik Google cukup menyita perhatian di sepanjang pagelaran acara CES (Consumer Electronic Show) 2019 yang berlangsung di Las Vegas, 8-11 Januari kemarin. Meski masih kalah pamor dengan laptop bersistem operasi Windows 10 dari Microsoft, tetapi banyak brand secara terang-terangan dan bangga memperkenalkan produk Chromebook mereka ke khalayak.

Lalu, chromebook mana saja yang menyita perhatian selama acara? Berikut daftarnya:

Acer Chromebook 315

Ini adalah Chromebook dari Acer yang bertenaga AMD. Layarnya sebening muka artis terkenal dengan layar IPS 15,6 inci dan sudah Full HD. Kalau mau nonton yang bening-bening pakai chromebook berlayar bening, pasti hasilnya semakin bening.

Sama seperti perangkat chromebook pada umumnya, Acer Chromebook 315 juga memiliki penyimpanan terbatas, yang berarti harus menggunakan memori eksternal jika kamu punya data lebih banyak. Atau, seperti prinsip chromebook saat pertama kali keluar; simpan data kamu di awan.

Selain tenaga AMD, yang menarik dari Chromebook Acer 315 adalah speakernya yang berada di sisi kiri dan kanan keyboard, dan menghadap ke atas. Karena biasanya, speaker chromebook dan laptop pada umumnya tersembunyi di bagian bawah dan meredam suara merdunya.

Konektivitas yang disematkan adalah USB Type-C dan keyboard yang menyala seperti kembang api di pasar malam. Satu hal menarik yang cukup penting, berat Acer Chromebook 315 hanya sekitar 1,7 kilogram. Masih lebih berat rindu yang dipikul Dilan ke Milea.

Produk ini sendiri baru akan dipasarkan secara massal pada Februari mendatang dengan harga sekitar 4 jutaan rupiah. Nggak mahal-mahal amat, kan.

HP Chromebook 14

HP Chromebook 14 juga menggunakan prosesor AMD. Bedanya, HP menggunakan AMD all-in-one. Entah apa bedanya dengan AMD biasa, kami juga tidak tahu.

HP Chromebook 14, sesuai namanya, layarnya 14 inci dan masih HD. Ya, Acer menang dikitlah. Untuk penyimpanan, sama saja dengan Acer Chromebook 315 dan terdapat juga slot memori penyimpanan eksternal, USB Type-C, dan sepasang slot USB Type-A.

Perangkat HP ini juga hanya tersedia satu warna; Chalkboard Grey (ada-ada aja ini nama warnanya) dengan engsel 180 derajat yang memungkinkan kamu untuk memapankan layarnya hingga berbentuk lurus. Gunanya layar yang bisa dimapankan 180 derajat sejauh ini belum begitu kelihatan selain untuk pamer. Kelebihannya, HP Chromebook lebih ringan 200 ons dari Acer Chromebook 315 dan baterainya bisa bertahan hingga 15 jam, jadi bisa bikin lupa kapan terakhir ngecas.

Produk ini akan mulai dipasarkan akhir Januari dengan harga berkisar di angka 3,8 jutaan rupiah.

Asus Chromebook Flip

Chromebook kali ini tidak menggunakan prosesor AMD melainkan Intel Core Y-Series yang katanya bisa bikin umur baterai lebih panjang dan konsumsi dayanya lebih sedikit. Ini adalah seri penerus dari Flip C302 (yang ini Flip C434) yang layarnya sekarang lebih besar, dari 12,5 inci ke 14 inci, tetapi dengan resolusi layar yang tetap bening yaitu Full HD.

Seperti namanya, Flip, layar Asus Chromebook Flip C434 ini bisa diputar. Bisa berbentuk notebook untuk bekerja dan tablet untuk hiburan. Layarnya cukup ramping dengan bezeless yang bikin perangkat ini kayak perangkat 13 inci, padahal aslinya 14 inci.

Berbeda dari produk-produk lainnya di atas, Chromebook milik Asus ini nggak pelit. Mereka punya 8 GB memori RAM dengan penyimpanan sebesar 128 GB dengan slot penyimpanan eksternal. Selain itu kamu juga akan menemukan dua slot USB Type-C, satu port USB Type-A, dan audio combo jack.

Cuma, karena spesifikasinya lebih di atas dan kegunaannya lebih banyak (desainnya juga lebih elegan, sih), jadi harganya juga jauh lebih mahal. Asus Chromebook Flip ini akan dipasarkan dalam beberapa bulan ke depan dengan harga 8 jutaan rupiah. Masih ada waktu buat nabung.

HP Chromebook x360 14 G1

HP punya produk chromebook yang cukup gahar nih, karena dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7 generasi terbaru dan kayaknya produk ini memang menyasar para pekerja profesional. Layarnya IPS Full HD, memori RAM 16 GB, tapi sayang banget media penyimpanannya hanya 64 GB. Agak gimana gitu.

HP Chromebook x360 14 G1 ini mengusung konsep yang sama dengan Asus yang dapat dilipat-lipat dan berfungsi untuk berbagai mode. Sayangnya, nggak ada pena untuk menunjang kegiatan multimedia, padahal spesifikasinya mendukung.

Di dalam perangkat ini terdapat aplikasi bawaan bernama HP Classroom Manager, sedangkan koneksivitasnya dilengkapi dengan dua port USB Type-C, port USB Type-A, backlite keyboard, dan baterai yang katanya bisa tahan sampai 13 jam.

Katanya, HP Chromebook x360 14 G1 ini akan dipasarkan bulan ini, tapi harganya belum dipastikan berapa. Jangan-jangan, HP mau bagiin cuma-cuma? Hm.