Acer Swift 7: Kini Jadi yang Tertipis di Dunia

Acer mengklaim bahwa Acer Swift 7 saat ini adalah yang tertipis dan teringan di dunia.



Dalam acara CES 2019 yang berlangsung 8-11 Januari 2019 di Las Vegas Convention Center, Acer mengambil panggung saat memperkenalkan Acer Swift 7, notebook 14 inci yang tebalnya kurang dari setengah inci dengan berat kurang dari satu kilogram. Ini menjadikan Acer Swift 7 sebagai notebook tertipis dan teringan yang ada di pasaran saat ini.

Setelah memperkenalkan Acer Chromebook 315 di hari sebelumnya, Acer kemudian memperkenalkan Swift 7, sebuah notebook kategori ultralight yang dibuat untuk bersaing dengan notebook sekelas produk Macbook Air dari Apple dan produk ZenBook dari Asus.

Ketika pertama kali Acer memperkenalkan seri Swift pada 2016 silam, ketebalannya mencapai 12mm dengan berat mencapai 1,5 kilogram (bahkan lebih, sekitar 1,6). Sementara layarnya pun hanya sebesar 13.3 inci. Namun pada generasi keempat ini, Acer Swift lebih tipis dan lebih ringan serta layar yang lebih lebar.

Berkat dukungan bezel yang supertipis, Acer Swift 7 mengusung layar sentuh yang dipersenjatai teknologi Corning Gorilla Glass 6. Dengan perangkat yang hanya memiliki ketebalan 10mm, Swift 7 menggunakan sasis magnesium-alloy yang menjadikannya seperti laptop portabel karena hanya memiliki berat total sekitar 890 gram saja. Sangat enteng!


Acer sendiri mengklaim bahwa produk mereka saat ini adalah yang tertipis dan teringan di dunia.



“Acer Swift 7 menciptakan keseimbangan antara seni dan teknologi, dan hal ini mendorong desain ultra-portable PC ke arah yang baru,” terang Jerry Hou, General Manager of Consumer Notebooks, Acer. ”Dengan rasio screen-to-body yang luar biasa mencapai 92 persen, pengguna bisa tetap lebih produktif dengan produk yang lebih ringkas, lebih tipis, dan lebih ringan yang bahkan terasa ‘hampir tidak ada’ saat membawanya sepanjang hari dan untuk berkeliling atau dalam rangka perjalanan bisnis.”

Meski rasio screen-to-body pada Acer Swift 7 belum mengalahkan angka 97 persen pada produk Asus ZenBook S13, tetapi produk Acer ini masih cukup mengesankan. Swift 7 bahkan masih lebih tipis seperspeuluh inci dan masih jauh lebih ringan dari Asus ZenBook S13.

Masuk ke spesifikasi, Acer Swift 7 dibekali dengan prosesor Intel Core i7-8500Y dan 16 GB LPDDR3 RAM. Swift 7 sendiri bisa bertahan hingga 10 jam dalam penggunaan normal.

Adapun untuk mendukung penyimpanan, Swift 7 menggunakan SSD PCIe cepat yang dikonfigurasi hingga 512 GB. Untuk konektivitas, terdapat 2 port USB-C Thunderbolt 3, 1 port USB 3.1 Gen 2, sebuah headphone/speaker jack, DisplayPort 1.2, Bluetooth, dan Wi-Fi 5 dengan 2x2 MU-MIMO yang memungkinkan transfer pada kecepatan gigabit.


Untuk masalah harga, tentu saja Acer Swift 7 dengan desain elegan dan tenaga tinggi terbilang cukup mahal dengan USD1700 atau sekitar IDR24000000. Produk ini sendiri baru akan diproduksi secara massal di Amerika Utara pada bulan April atau Mei nanti. Acer menekankan, harga, spesifikasi, dan ketersediaan akan menyesuaikan pada tiap-tiap wilayah, jadi kamu bisa mengecek situs web mereka secara berkala. Kemungkinan produk Acer Swift 7 ini baru akan sampai ke pasar Indonesia pada Agustus atau September mendatang.