5 Tren Influencer di Instagram yang Sebaiknya Kamu Tahu

Platform hanyalah wadah, influencerlah yang menjadi pemicu dan menentukan sesuatu bisa jadi tren atau nggak.



Di dalam ruang lingkup influencer yang cukup kompetitif, kami berusaha menemukan kegilaan alias tren terbaru apa yang sedang digandrungi oleh mereka di media sosial Instagram.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, sangat mudah bagi Instagram untuk menciptakan tren. Sebut saja sebelumnya tren Boomerang dan Animal Face yang sampai hari ini masih banyak digunakan. Meskipun tren seperti ini nggak semuanya bertahan lama, tapi ada juga yang memberi dampak bagus. Flatlays misalnya, dari yang tadinya hanya akun biasa dengan foto-foto yang terstruktur, kini sudah menjadi akun editorial dan iklan lewat sebuah tren yang sempat diikuti oleh kedua adminnya yaitu Tara dan Damian.

Platform hanyalah wadah, influencerlah yang menjadi pemicu dan menentukan sesuatu bisa jadi tren atau nggak.

Instagram menyediakan fiturnya, dan influencer dengan pengikut banyak itu tentu saja akan terus mencari cara bagaimana agar tetap bisa terlibat dengan pengikutnya dengan sesuatu yang baru dan segar, kayak jus buah gitu.

#1 Influencer sebagai bisnis
Fenomena yang terjadi di 2018 adalah semakin banyak akun-akun personal yang kemudian beralih ke akun bisnis. Dan, tren ini sepertinya akan terus berlanjut sampai beberapa tahun ke depan. Ini dikarenakan, akun personal dan akun bisnis memiliki fitur yang sangat berbeda terutama dari segi statistik.

Awalnya banyak yang nggak mau beralih dari akun personal ke akun bisnis karena khawatir akan ada keterlibatan yang menurun. Namun, semakin hari mau tidak mau mereka harus beralih ke akun bisnis untuk memenuhi kebutuhan klien.

Fitur yang dimiliki akun bisnis ternyata lebih baik dan membantu brand maupun influencer, dan ini sekaligus menjadi pendekatan profesional menuju praktik pemasaran yang lebih transparan dan terukur.

#2 Stories Bergaya
Sejak munculnya fitur Stories di Instagram, pengguna fitur ini meningkat derastis. Ada lebih dari 400 juta orang yang menonton Stories setiap harinya, yang mana berarti ini jauh lebih banyak dari pengguna aktif harian Instagram itu sendiri.

Hal inilah yang membuat banyak influencer kemudian memproduksi lebih banyak konten di Stories daripada feed mereka. Dan, konten di Stories pun cenderung lebih unik dan bervariasi. Kabar baiknya, kini Stories memiliki fitur highlight yang membuat Stories kamu bisa bertahan lebih dari 24 jam bahkan selamanya. Dengan cepat, fitur Stories dari Instagram mengubah cara influencer membuat dan membagikan konten di media sosial.

Beberapa platform dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat Stories yang unik dan bergaya adalah Unfold, Canva, dan PicsArt.

#3 Mindful Breaks
Instagram sendiri menuai banyak kritik atas kepopulerannya yang memengaruhi gaya hidup terutama generasi milenial sekarang ini. 

Banyak pengguna yang nggak bisa berhenti menggunakan Instagram, dan itulah kenapa muncul tren Mindful Breaks alias istirahatkan kesadaran. Algoritme Instagram yang bekerja sangat cepat dan berubah-ubah juga memaksa influencer untuk mengunggah konten setiap hari agar tetap dekat dan terikat dengan pengikutnya. Hal ini di sisi lain memberikan dampak buruk karena tidak memberi kesempatan pada influencer untuk menikmati waktunya sendiri. Yang mereka pikirkan hanyalah konten dan konten.

#4 Semangat Hidup
Lho, kok?

Mulai dari pembersihan pantai, daur ulang, Senin tanpa daging, zero waste, jumlah influencer yang mendukung gerakan konservatif semakin hari semakin meningkat. Kombinasi antara kepedulian terhadap lingkungan dan kepiawaian dalam membuat konten foto dan video di Instagram ini tanpa sadar memberikan dampak yang sangat baik.

Salah satu influencer besar, Bee Elle berkata, “Melalui media sosial, aksesibilitas titik-titik sentuh ini bisa meningkat dengan signifikan dalam waktu yang relatif lebih cepat. Melalui media sosial juga gerakan ini membuat munculnya berbagai kegiatan serupa serta ide dari banyak kepala di seluruh ruang lingkup yang pada akhirnya membantu mengkatalisasi perubahan.”

Influencer media sosial menciptakan tren di mana kepedulian terhadap lingkungan menjadi gaya hidup yang realistis untuk dicapai. Dengan melakukan hal yang disukai dan menemukan banyak orang yang memiliki ketertarikan serupa, semangat untuk tetap hidup pun meningkat.

#5 Insta Pet Terkenal
Percaya atau nggak, hewan peliharaan menjadi salah satu kelompok yang berkembangnya sangat pesat di dunia influencer—dan menghasilkan uang yang sangat besar dalam prosesnya.

Berkat Instagram, para pecinta hewan peliharaan dari seluruh dunia dapat terhubung satu sama lain dalam satu platform. Gambar-gambar dan video-video hewan berbulu mengambil tempat tertinggi. Tagar #CatsOfInstagram bahkan meraih 96,8 juta posting di Instagram hingga 2018 kemarin.

Kira-kira tren seperti apa yang akan datang di Instagram tahun ini? Kita tunggu saja!