5 Aktivitas Liburan yang Akan Jadi Tren di 2019

Jika melihat tren liburan tahun 2018 yang alasan utamanya didominasi oleh kebutuhan konten Instagram, 2019 diprediksi akan jadi sedikit lebih beda.



Sudah liburan ke mana saja sepanjang 2019?

Jika melihat tren liburan tahun 2018 yang alasan utamanya didominasi oleh kebutuhan konten Instagram, 2019 diprediksi akan jadi sedikit lebih beda. Apa saja aktivitas liburan yang kemungkinan besar akan jadi tren di tahun 2019 ini? Ini dia:

#1 Makan, bermain, dan belajar
Dengan meningkatnya konektivitas dan jalinan budaya, tidak ada batasan untuk belajar satu sama lain.

Semakin banyak wisatawan yang berminat untuk mengenal lebih dekat warisan kebudayaan tempat tujuan mereka, mereka tidak hanya membawa pulang kenangan tetapi juga keahlian baru yang unik. Kelas Chinese Painting di Shanghai mengajari evolusi Chinese Painting dengan cara yang menyenangkan dan menarik, termasuk cara menggunakan kuas Chinese Paint dan menguasai teknik oriental painting.

Di Bali, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam kelas membatik dan mempelajari kerajinan yang termasuk dalam UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humanity list, mulai dari proses pewarnaan dengan lilin tradisional hingga prinsip dasar kerajinan.

Di Pattaya, instruktur Muay Thai Boxing profesional mengajak pengunjung berlatih seperti orang lokal dan menawarkan pelajaran menyeluruh tentang seni teknik pertarungan tradisional Thailand dalam Kelas Pelatihan Muay Thai. Dengan mengikuti kelas-kelas tersebut, kamu akan mendapatkan  kesempatan yang tak terbatas untuk memperluas wawasan dan menantang diri sendiri.

Jangan lupa juga untuk mencoba kuliner lokal yang tidak akan kamu temukan di tempat lain.

#2 Menjelajahi tempat yang jarang dijelajahi
Semakin hari jadi semakin banyak wisatawan yang meninggalkan pedoman perjalanan yang biasa dan mencoba untuk membuat rencana perjalanan unik yang sering membawa mereka ke tempat yang jarang dijelajahi dan jauh dari perkotaan.

Para penyedia tour pun memutar otak untuk menyiasati hal itu. 

Phu Quoc Island Sightseeing Tour misalnya, mereka membawa turis menjelajah pulau Phu Quoc yang terletak di bagian selatan Vietnam. Tur ini mencakup kunjungan ke perkebunan mutiara dan merica, Coconut Prison, dan masih banyak lagi.

Di Malaysia, dengan berkendara selama 3 jam dari Kuala Lumpur, kamu akan tiba di Ipoh dan bisa mengunjungi hutan hujan yang lebih tua dari Amazon dan Kongo, di sana kamu dapat mengikuti The Belum Temenggor Forest Reserve Tour. Eksplorasi tanah prasejarah dan lihat kekayaan alam Belum Temenggor yang berusia lebih dari 130 juta tahun dan juga kesempatan untuk melihat harimau Malaysia, badak Sumatra, dan akhiri tur dengan menikmati siraman air sejuk di Nam Waterfall.

#3 Liburan bebas uang tunai
Liburan masa kini bukan lagi soal membawa banyak barang. Dengan adanya smartphone, pilihan aktivitas liburan berada dalam genggaman tangan kamu sehingga kebiasaan bepergian dengan membawa uang tunai dan dokumen pemesanan mulai ditinggalkan. 

Konsumen mencari solusi cepat dan bebas uang tunai yang memungkinkan mereka untuk menggunakan layanan pemesanan yang pintar dan praktis, misalnya QR Code, E-vouchers. Pengguna Klook misalnya, dapat memesan berbagai produk dari Rental Mobil Pribadi, hingga berbagai pilihan voucher Makanan dan tiket bus City Tour tanpa perlu mengeluarkan dompet mereka.

#4 Instagramable
Ini adalah aktivitas yang sifatnya opsional.

Dunia adalah set pemotretan dan semua orang mencari insta-moments—entah itu latar belakang dengan air terjun yang indah, foto infinity pool yang ikonik, atau pemandangan matahari terbenam untuk mendapatkan momen yang spesial. Klook menawarkan berbagai pilihan untuk meningkatkan kualitas foto Instagram para wisatawan, dimulai dari Rental Pool Float (dan properti lainnya yang sempurna untuk Bali pool party), perjalanan pribadi ke Kintamani Jungle Swing di Bali dengan pemandangan menakjubkan sebagai latar belakang yang Instagramable.

Bagi yang ingin meningkatkan kualitas foto dapat memesan paket pemotretan pribadi di Phuket dengan fotografer profesional pribadi dan pilihan untuk menyesuaikan dengan tema mereka, tampilkan senyuman dan terima foto digital hanya dalam satu minggu.

#5 Petualangan solo
Ini adalah bagian paling menyenangkan dari perjalanan.

Data menunjukkan bahwa jumlah wisatawan solo telah meningkat dari 31% menjadi 38% di tahun 2018 dan data terakhir menunjukkan bahwa tren ini akan terus meningkat.

Kamu sebagai wisatawan harusnya diberi kebebasan untuk bepergian sendirian dan tetap terkoneksi, aman dan percaya diri untuk menjelajahi dunia, baik itu pilihan perjalanan untuk pencarian jati diri, menghabiskan akhir pekan untuk menyegarkan pikiran, atau keputusan impulsif untuk mencari inspirasi.

Kamu dapat memesan full day tour di Rishikesh, India yang bertempat di kaki gunung Himalaya di samping Holy Ganges River. Kota Rishikesh terkenal sebagai pusat pembelajaran yoga dan meditasi, kota ini dipenuhi kuil dan Ashram dengan jalanan yang bebas dari hiruk pikuk lalu lintas, bebas alkohol dan pusat vegetarian. Tur pribadi ini mencakup semua titik utama, termasuk sesi meditasi dan juga waktu hening di Neer Garh Waterfall yang menakjubkan.

Jika kamu ingin melebarkan pilihan wisata, kamu bisa menikmati liburan satu minggu di Swiss dengan One Week Swiss Rail Pass. Kamu yang memegang e-ticket ini dapat menjelajahi pemandangan indah Swiss dengan kereta api, bus, dan kapal. Dari pegunungan Pilatus hingga Geneva dan kota-kota di antaranya, rail pass ini juga mencakup tiket masuk ke 500 museum dan pameran di Swiss, e-ticket ini akan membuat petualangan solo bebas hambatan.