Lari Anti-Mainstream dengan Sensoria Fitness Socks and Anklet

Kalau kamu adalah orang yang bosan dengan pelacakan olahraga seperti smartphone atau smartwatch, Sensoria Fitness Socks and Anklet adalah alat yang cocok



Harga              : USD199 (Without anklet: USD49)
Perusahaan    : Flextronics, Sensoria Inc.
Basis               : Redmond, Washington, Amerika Serikat
Situs Web       : Sensoria Fitness

Sebagian besar pelari sepertinya melacak dan memonitor hasil lari mereka, kalau bukan menggunakan aplikasi di smartphone pasti menggunakan smartwatch atau jam tangan pintar.

Menurut Davide Vigano, CEO Sensoria, cara itu sudah kuno dan tidak kekinian. Karena itu, bersama Maurizio Macagno, Rick Belluzo, dan beberapa rekan lainnya membuat terobosan baru di dunia olahraga terutama olahraga lari dengan menciptakan Sensoria Fitness Socks and Anklet, sebuah kaos kaki yang dilengkapi sensor yang mampu bekerja seperti smartwatch namun lebih akurat.


“Orang tuh lari pakai kaki, masa sensornya ditaruh di tangan.” 


Mungkin itu yang ada di pikiran Vigano ketika hendak membuat Fitness Socks and Anklet ini.

Sensoria Fitness Socks and Anklet ini sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu kaus kaki yang memiliki sensor yang akan menghitung dengan akurat langkah kaki, tekanan, rasio detak jantung, dan hal teknis lainnya. Lalu ada gelang yang akan dipasang ke kaus kaki dengan koneksi bluetooth yang bisa diakses lewat aplikasi di smartphone, dan charger untuk mengisi daya.


Untuk ukuran kaus kaki, Sensoria Fitness Socks and Anklet ini terbilang mahal, namun Davide Vigano mengklaim bahwa teknologi yang mereka sematkan ke dalam kaus kaki ini dapat meminimalisir risiko cedera pada atlet-atlet. Bahan yang digunakan pun dijamin aman dan menjauhkan pemakai dari alergi. Vigano juga menengaskan, Sensoria Fitness Socks and Anklet tidak akan menimbulkan bau hingga 60 kali pemakaian normal, tapi setelah itu dia tidak melanjutkan apakah bisa dicuci atau dilakukan perawatan lain untuk menjaga Sensoria Fitness Socks and Anklet ini tetap pada kondisi bagus.

Yang membuat Sensoria Fitness Socks and Anklet ini lebih mahal dari kaus kaki lain adalah teknologi yang secara real time memberitahukan pelari tumpuan kaki yang benar untuk menghindari risiko cedera. Lalu, hasil pemantauan sensornya juga dapat dilihat langsung lewat aplikasi di smartphone yang sudah sepaket dalam pembelian.

Kalau kamu adalah orang yang bosan dengan pelacakan olahraga seperti smartphone atau smartwatch, Sensoria Fitness Socks and Anklet adalah alat yang cocok. Tapi kalau kamu suka sesuatu yang mencolok, tetap pakai jam atau smartphone saja karena Sensoria Fitness Socks and Anklet ini ditaruh di kaki dan hampir tidak kelihatan. Hampir tidak ada yang menyadari kehadirannya.