5 Influencer Marketing Agency Terpopuler di Indonesia

Hingar-bingar influencer diperkirakan masih akan tetap bertahan dalam 5 hingga 10 tahun mendatang.



2019 adalah tahun kebangkitan influencer marketing. Berbagai influencer marketing agency pun unjuk gigi untuk berlomba-lomba memborong proyek-proyek besar bernilai miliaran rupiah.

Para influencer marketing agency ini saling menunjukkan kelebihan dari layanan mereka untuk merebut hati calon klien.

Di sisi lain, semakin banyak pula influencer marketing agency yang baru berdiri dan berharap bisa berjaya di tengah gemerlap kejayaan influencer yang diperkirakan masih akan tetap bertahan dalam 5 hingga 10 tahun mendatang.

Sebetulnya, kami masih menunggu maneuver-manuver kejutan dari para pelaku industri kreatif untuk memperkenalkan platform baru dan beda dari yang sudah ada. Nah, sambil menunggu, berikut kami berikan 5 influencer marketing agency terpopuler di Indonesia versi Anmodomino.

#1 StarNgage
StarNgage membantu brand di Indonesia untuk menceritakan kisah mereka lewat kampanye di media sosial Instagram dan blog. StarNgage yang memiliki perusahaan induk bernama Hashmeta yang berbasis di Singapura ini memang berfokus pada platform Instagram dan blog, dan lebih banyak memperkerjakan influencer kategori mikro.

Kadang, StarNgage mempekerjakan influencer kategori makro dan mikro dalam satu kampanye untuk memaksimalkan hasil.

#2 BuzzHero
BuzzHero menyebut diri mereka sebagai platform social media influencer terbesar di Indonesia yang mempertemukan advertiser dan buzzer untuk mempromosikan brand dengan cepat dan mudah.

Sama seperti StarNgage, BuzzHero juga memiliki platform khusus untuk pengiklan dan juga khusus influencer. Jadi, tidak akan terjadi “tabrakan” antara akun pengiklan dengan akun influencer.

#3 SociaBuzz
SociaBuzz menyebut diri mereka sebagai marketplace jasa kreatif dan influencer marketing. Mereka tidak hanya menyediakan layanan untuk mempromosikan produk atau layanan sebuah brand, tetapi juga jasa lain seperti MC, make up artist, hingga fotografi.

Dengan platform yang juga sama seperti StarNage dan BuzzHero, SociaBuzz juga membedakan platformnya untuk pengiklan dan influencer. Namun, yang membedakan ketiga platform tersebut adalah pemotongan atau bagi hasil antara influencer dengan pihak pemilik platform.

#4 Grid Voice
Grid Voice tampil dengan sedikit berbeda dengan menghadirkan solusi influencer melalui opini dan advokasi positif bagi brand melalui pemilihan influencer yang tepat dan konten yang segar.

Influencer marketing agency yang digandeng Kompas Gramedia ini memiliki cara unik lewat advokasi brand agar tingkat kepercayaan masyarakat terhadapa brand bisa menjadi lebih tinggi.

#5 IconReel
IconReel mengklaim mereka memiliki influencer terbesar di Indonesia. mereka mengaku hanya mempekerjakan influencer terbaik untuk brand, dan hanya influencer yang benar-benar sudah dikenal yang dapat bekerja sama dengan IconReel. Itu berarti, visi IconReel sedikit berbeda dengan StarNgage yang kini lebih fokus mengawinkan antara influencer mikro dan influencer makro dalam setiap kampanye pemasaran mereka.

Pada dasarnya, cara kerja kelima influencer marketing agency di atas relatif sama saja. Kelimanya memiliki platform yang dapat diakses langsung ke dasbor dan melihat kampanye apa yang sedang berjalan atau tersedia (bagi influencer) dan pengguna (advertiser) bisa langsung membuat kampanye pemasaran mereka sendiri langsung melalui dasbor, atau menghubungi pihak agensi yang ingin mereka ajak bekerja sama.

Bagian paling mencolok mungkin hanyalah tampilan dasbor, kelengkapan tools, dan pembagian hasil kampanye antara influencer dan platform itu sendiri, serta deposit bagi pengiklan (ada platform yang mengharuskan pengiklan menaruh deposito ke dalam platform sebagi bentuk komitmen).

Bagi influencer, kelima influencer marketing agency di atas dapat dicoba semuanya, sebab kelimanya dapat memberikan peluang kerja sama dengan brand yang sama besarnya. Sementara bagi pengiklan, kami menyarankan untuk menggunakan satu saja dan konsisten. Pastikan memilih yang terbaik dari yang terbaik.

NB: 5 Influencer Marketing Agency Populer di Indonesia ini kami pilih berdasarkan kata kunci “influencer marketing Indonesia” dan mengambil hasil 5 teratas.