4 Tools untuk Mengukur Engagement Instagram

Hingga September 2018 ini, tercatat pengguna Instagram di seluruh dunia sudah hampir mencapai angka 2 miliar pengguna dengan lebih dari 700 juta pengguna aktif setiap harinya.




Instagram saat ini benar-benar menguasai media sosial sebagai platform dengan pengguna terbanyak di dunia. Hingga September 2018 ini, tercatat pengguna Instagram di seluruh dunia sudah hampir mencapai angka 2 miliar pengguna dengan lebih dari 700 juta pengguna aktif setiap harinya.

Keaktifan pengguna Instagram pun terbagi menjadi dua; pengguna yang mengunggah konten melalui feed, dan pengguna yang mengunggah konten melalui Stories. Namun, berdasarkan data dari We Are Social, pengguna yang menggunakan fitur Stories bisa mencapai tiga kali lipat banyaknya daripada yang menggunakan feed untuk mengunggah foto ataupun video mereka, setiap bulannya.

Tentu saja pencapaian ini adalah angka yang cukup fantastis mengingat fitur Stories baru diperkenalkan awal 2017 silam.

Lalu, jenis iklan yang muncul pun terbagi dua dengan tingkat efektivitas yang kurang lebih sama, membuat Instagram menjadi platform paling ideal untuk beriklan karena mampu memberikan hasil engagement (selanjutnya disebut keterlibatan) yang tak terbatas.

Karena banyaknya pengiklan di Instagram yang tidak hanya menggunakan akun brand namun juga personal, maka muncullah banyak tools untuk mengecek dan mengukur seberapa besar tingkat keterlibatan seorang influencer dan seberapa besar pengaruhnya sebagai pemberi pengaruh.

Berikut ini adalah 4 tools terbaik yang banyak digunakan agensi untuk mengecek keterlibatan sebuah akun Instagram:

#1 Instagram Money Calculator – Influencer Marketing Hub

Hanya dengan memasukkan nama pengguna yang ingin kamu lihat tingkat keterlibatannya, Instagram Money Calculator akan memunculkan estimasi angka keterlibatan seorang influencer beserta uang yang seharusnya bisa didapat oleh sebuah akun. Tools yang diciptakan oleh Influencer Marketing Hub ini juga dapat mengukur seberapa besar tingkat keterlibatan sebuah pos, bisa pos lama ataupun pos baru untuk membuat perbandingan.

Tentu saja tools ini cukup berguna bagi para pemasar atau klien yang ingin memaksimalkan Instagram dalam beriklan agar tidak salah dalam memilih influencer yang akan diajak berkampanye.

#2 Instagram Account Checker – Adha MS

Tools yang satu ini dibuat oleh orang Indonesia dengan nama yang sama dengan platform yang dibuatnya. Ia menyematkan tools untuk mengukur keterlibatan ini di situs web pribadinya agar lebih mudah diakses.

Cara kerjanya pun mirip dengan Instagram Money Calculator namun dengan ringkasan hasil yang lebih lengkap dan dengan tampilan yang lebih sederhana.

#3 Instagram Analytics – Keyhole

Tidak puas dengan hasil dua tools gratis di atas? Maka cobalah Instagram Analytics berbayar buatan Keyhole. Instagram Analytics dari Keyhole memiliki banyak keunggulan seperti hasil pengukuran yang sangat lengkap dan akurat serta mampu memberikan hasil yang detail seperti jenis kelamin, lokasi, hingga jenis konten yang sering diunggah oleh akun-akun yang ikut terlibat dalam sebuah pos di Instagram.

Harga yang kamu bayarkan akan sesuai dengan data yang kamu dapatkan jika mendaftar di Keyhole. Keyhole hanya menerima pembayaran dengan kartu kredit, namun setelah mendaftar kamu bisa menikmati satu bulan penuh fitur lengkap mereka secara cuma-cuma.

Instagram Analytics dari Keyhole saat ini adalah platform berbayar untuk mengukur tingkat keterlibatan paling banyak digunakan oleh pemasar di seluruh dunia.

#4 Instagram Engagement Calculator – Phlanx

Phlanx sebenarnya tidak hanya menyajikan tool untuk mengukur engagement sebuah akun Instagram, namun juga untuk beberapa platform media sosial lain seperti Facebook, YouTube, Twitter, hingga Twitch yang baru-baru ini ramai diperbincangkan meski sudah lebih dulu populer di kalangan para gamer dan pecinta konten berbasis video.

Jika kamu hendak menjalankan kampanye di lebih dari satu platform, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan tools dari Phlanx ini. Karena harga yang ditawarkan juga sudah termasuk untuk mengukur keterlibatan di semua platform, jadi rasanya sayang sekali jika melewatkan tawaran yang menarik ini. Dengan fitur selengkap itu, maka seharusnya kampanye yang kamu jalankan di media sosial bisa lebih sukses dengan influencer yang benar-benar tepat.