9 Tokoh Antagonis Terbaik di Film Fiksi

Banyak juga tokoh antagonis yang justru lebih dikagumi oleh penonton karena kemampuannya yang sering kali selalu selangkah lebih di depan daripada tokoh protagonis itu sendiri.



Bagusnya sebuah film tidak selalu dilihat dari tokoh protagonisnya yang punya kemampuan hebat, pintar, genius, atau bahkan mampu memukau lawan jenis. Banyak juga tokoh antagonis yang justru lebih dikagumi oleh penonton karena kemampuannya yang sering kali selalu selangkah lebih di depan daripada tokoh protagonis itu sendiri.

Meskipun pada akhirnya tokoh-tokoh antagonis ini tidak ada yang bertahan, namun banyak yang justru lebih mengagumi tokoh antagonis dibanding protagonis dengan berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah karena tokoh antagonis punya kesan bad boy yang lebih kental sementara tokoh protagonis punya cerita yang lebih mainstream seperti ditinggal pergi (atau mati) oleh orangtuanya dan hidup bersama orang lain sejak kecil. Sementara tokoh antagonis datang dengan cerita yang lebih menggebu-gebu dan motif yang tentu saja satu: balas dendam.

Berikut ini adalah 9 tokoh antagonis terbaik yang pernah ada dalam film fiksi. Mungkinkah tokoh ini juga ada di dunia nyata? Mari kita lihat nama-namanya dulu.

#1 Jim Moriarty

Kalau kamu menonton film serial Sherlock Holmes, kamu tentu saja tidak asing lagi dengan nama James Moriarty atau Jim Moriarty. Ia adalah seorang profesor dan tokoh antagonis yang selalu mempermainkan tokoh genius Sherlock. Sir Arthur Conan Doyle memang menciptakan karakter Sherlock dan Moriarty dengan kemampuan yang sama namun dengan sisi berkebalikan. Sherlock sebagai tokoh protagonis, sedangkan Moriarty sebagai karakter antagonis.

Jika kamu menyukai cerita detektif maka kamu tentu saja akan jatuh cinta dengan Sherlock Holmes, atau Jim Moriarty.

#2 The Joker

Kamu yang menjadi penggemar Batman tentu saja akan setuju jika disebut bahwa The Joker adalah musuh paling brutal yang pernah dilawan Batman. Ia digambarkan sebagai karakter yang gemar menantang maut dan sama sekali tidak takut mati.

Ada banyak aktor yang pernah berperan sebagai The Joker termasuk vokalis 30 Seconds to Mars, Jared Leto yang kabarnya akan jadi aktor utama untuk standalone The Joker. Namun dari sekian aktor yang pernah menjadi The Joker, semua penggemar Batman dan DC setuju jika mendiang Heath Ledger adalah yang terbaik. Heath Ledger bahkan mengaku sulit keluar dari karakter The Joker ketika ia harus memerankan tokoh lain, saking ia menjiwai karakter yang diperankannya.

#3 Loki

Loki adalah saudara tiri dari Thor, dewa petir yang ke mana-mana bawa palu seperti tukang kayu. Bedanya Thor dengan tukang kayu adalah dia tidak pernah memukul paku melainkan mengeluarkan petir dari palunya. Bagaiman caranya? Hanya Stan Lee yang tahu.

Loki sama halnya seperti tokoh antagonis Jim Moriarty di serial Sherlock Holmes. Karena ia tampan jadi ia disukai banyak penonton, meskipun hal tersebut tidak dapat menutupi sifat jahatnya yang ingin menjadi penguasa Asgard.

Sifat Loki yang paling kental adalah serakah.

#4 Green Goblin

Film Spiderman sudah mengalami tiga kali pergantian pemeran. Yang pertama adalah Spiderman versi Toby McGuire yang dewasa dan cool, kemudian digantikan oleh Andrew Garfield muda yang lebih segar dan punya penggemar lebih banyak, dan yang terakhir adalah Spiderman versinya Tom Holland yang unyu-unyu ngeselin tapi tetap lucu juga.

Spiderman versi terakhir bergabung ke dalam suatu kelompok pahlawan super bernama The Avengers. Di perkumpulan tersebut, Spiderman punya tugas sebagai pencair suasana yang sedang kikuk.

Green Goblin adalah musuh Spiderman versi Toby McGuire yang hadir pada Spiderman I tahun 2002. Green Goblin adalah orang kaya yang ambisius. Kalau kamu masih ingat, Green Goblin sempat berhasil memojokkan Spiderman dengan slogannya yang sangat terkenal: First, we attack his heart.

#5 Davy Jones

Buat kamu yang hanya menonton film pertama dari Pirates of the Carribean tentu tidak akan kenal dengan Davy Jones, sebab ia baru muncul di film kedua yaitu Dead Man’s Chest. Tapi setelah itu dia muncul terus kok.

Kalau kamu penggemar Spongebob Squarepants, harusnya tidak asing juga dengan Davy Jones, sebab ia adalah kapten dari The Flying Dutchman.

Musuh Jack Sparrow ini adalah salah satu musuh yang bikin geli karena mukanya penuh dengan kraken beracun. Bukan racunnya yang bikin geli, tapi krakennya. Racun mah bikin mati.

Tokoh Davy Jones konon diangkat dari tokoh bajak laut sungguhan bernama Duffer Jones yang hidup di lautan Indian sekitar 1630-an lalu.

#6 Lord Voldemort

Seharusnya namanya tidak disebutkan karena pamali. Selanjutnya, demi keamanan, kita bisa menyebutnya Lord atau Yang Mulia You-know-who saja.

Lord You-know-who adalah tokoh antagonis paling terkenal di film seri Harry Potter. Ia adalah tokoh antagonis yang digambarkan sangat jahat, kejam, licik, dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Ya kayak politikus gitu.

Setidaknya, tokoh Lord yang hidungnya pesek ini sudah diperankan oleh lima aktor berbeda; Ralph Fiennes, Frank Dillane, Christian Coulson, Hero Fiennes-Tiffin, dan Richard Bremmer. Siapa aktor pemeran Lord You-know-who favorit kamu?

#7 John Kramer

Pasti kurang familier dengan nama ini ya?

Bagaimana dengan tokoh Jigsaw? John Kramer memang lebih dikenal dengan nama The Jigsaw Killer, ia adalah satu-satunya tokoh antagonis di film franchise-nya Saw. Ia mulai muncul di Saw I dan terus muncul sampai Saw VI. Terakhir, ia muncul di film berjudul sama dengan namanya; Jigsaw.

Karakternya yang berwujud boneka namun kejam dan tidak kenal ampun membuatnya sangat mudah diingat oleh penonton.

#8 Hannibal Lecter

Kamu pernah nonton The Silence of the Lambs atau baca novel Red Dragon karya Thomas Harris? Kalau iya, tentu saja kamu kenal dengan dokter satu ini. Dr. Hannibal Lecter adalah salah satu karakter fiksi tersadis yang pernah diciptakan.

Ia punya banyak nama alias. Yang paling terkenal adalah Hannibal the Cannibal dan The Chesapeake Ripper. Nama alias lainnya yaitu Mr. Closter, Lloyd Wyman, dan Dr. Fell. Dari nama aliasnya saja, kamu seharusnya sudah tahu seberapa sadis Hannibal Lecter ini. Ia bisa memakan kamu hidup-hidup, atau memasakmu dengan bumbu seadanya.

#9 Mad Dog

Nama Mad Dog pertama kali muncul dalam film The Raid, sebuah film Indonesia yang berhasil menembus pasar global dan mendapatkan penghargaan di mana-mana. Salah satu film laga terbaik dari Indonesia.

Mad Dog adalah tokoh antagonis yang diperankan oleh Yayan Ruhiyan, seorang seniman bela diri yang juga seorang aktor. Seni bela diri yang digelutinya mengantarkan Yayan Ruhiyan menjadi salah satu aktor laga terbaik yang ada di Indonesia. Berkat kesuksesannya memerankan tokoh antagonis Mad Dog, ia kini jadi lebih sering muncul di layar lebar sebagai petarung dan tentu saja, tetap sebagai tokoh antagonis.

Apakah kamu mengenal sifat tokoh antagonis di atas ada di dunia nyata?