6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Kreator Konten

Feed adalah hal pertama yang dilihat oleh klien ketika hendak melakukan kerja sama dengan influencer. Jika feed kamu sudah tidak menarik di awal maka jangan harap klien akan menawarkan kerja sama.



Fungsi dari ponsel pintar bagi para kreator konten bukan hanya sebagai media untuk terhubung ke seluruh dunia, tetapi lebih dari itu; untuk menciptakan konten yang indah, menarik, dan bermanfaat bagi banyak orang.

Makin ke sini juga semakin banyak ponsel pintar dengan teknologi terbaru yang semakin memudahkan para kreator konten di luar sana. Tapi, sejatinya bukan terletak pada ponsel pintarnya saja, namun aplikasi pendukung yang digunakan untuk menciptakan konten yang indah dan berguna bagi orang banyak.

Berikut ini adalah 6 aplikasi yang wajib ada di ponsel pintar para kreator konten untuk membuat konten semakin cantik dan enak dipandang:

#1 Snapseed 

Bisa mengambil foto yang bagus adalah satu hal, tapi bisa mengeditnya hingga menjadi foto yang lebih bagus lagi adalah satu hal lain lagi.

Sebenarnya ada banyak aplikasi pengedit foto yang dapat digunakan di luar sana, tetapi Snapseed adalah salah satu yang terbaik dengan segala fitur yang ditawarkannya. Baik Snapseed maupun aplikasi pengedit foto lainnya sama-sama memiliki fitur gratis maupun berbayar, namun sebagian besar kreator konten terkenal juga merekomendasikan Snapseed untuk urusan penyuntingan foto ini.

Penyuntingan foto dewasa ini bukan lagi soal memperbaiki kualitas foto, tetapi juga tawaran yang mampu menyelaraskan feed—terutama Instagram—menjadi satu tema yang menjadi citra atau branding; selektif dan perspektif. Karena itu kami merekomendasikan Snapseed.

#2 Later 

Jika kamu adalah orang yang sibuk bepergian ke sana-kemari tetapi ingin tetap eksis dengan memposting foto-foto atau konten di media sosial, maka Later adalah aplikasi penjadwalan yang sangat tepat.

Later memungkinkan setiap pengguna untuk menyimpan stok foto mereka untuk dijadwalkan dan dipublikasikan secara otomatis di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram. Sekali kamu menjadwalkan konten untuk diposting, kamu tidak perlu khawatir lagi soal deadline atau khawatir tidak menemukan sinyal wi-fi saat berada di tempat terpencil karena semua pekerjaan itu sudah diambil alih oleh Later.

#3 TouchRetouch 

Pernah mengambil gambar yang luar biasa bagus tetapi ada satu objek pengganggu yang tidak sengaja ikut masuk ke dalam gambar tersebut? Misalnya ada potongan sampah dari masa lalu #eh yang ikut terpotret dan kamu merasa risih dan ingin membuangnya. Nah, di sinilah kelebihan aplikasi TouchRetouch; untuk menghilangkan objek kecil yang mengganggu kesempurnaan gambar kamu.

Sebenarnya TouchRetouch juga dapat menghilangkan objek besar, namun mungkin hasil foto pada akhirnya jadi tidak terlihat bagus lagi, jadi aplikasi ini memang dikhususkan untuk mengatasi objek kecil yang mengganggu estetika foto saja. TouchRetouch menempati urutan teratas untuk aplikasi penghilang objek tak diinginkan di dalam gambar.

#4 Canva 

Sebagai kreator konten, seharusnya Canva bukan lagi nama yang asing di telinga kamu. Canva adalah salah satu alat yang berguna untuk desainer.

…yang tidak paham desain.

Kedengaran aneh? Ya, benar adanya. Untuk kamu yang tidak terlalu paham desain namun tidak punya cukup dana untuk menyewa desainer untuk konten kamu, cobalah Canva. Ribuan tema dan template tersedia di sana untuk berbagai keperluan seperti konten untuk Instagram Stories, Facebook, infografik, sampul buku, kartu nama, dan lain sebagainya. Kelebihan yang dimiliki Canva ini membuat semakin banyak konten yang bervariasi dari para kreator konten di luar sana karena untuk membuat sebuah desain yang rumit, hanya butuh imajinasi dan sedikit drop-and-drag dari kamu sebagai pengguna.

Hanya butuh beberapa gerakan dan jadilah desain sesuai keinginan.

Dengan Canva, pengguna juga dapat membangun citranya di media sosial dengan membuat grafis yang sesuai dengan persona.

#5 Grammarly Keyboard 

Menariknya sebuah konten di media sosial tidak hanya bergantung pada visual yang bagus, tetapi juga caption yang menarik. Foto yang bagus dengan caption yang menggugah adalah sebuah kesempurnaan.

Namun menulis caption butuh waktu dan tingkat kreativitas yang tinggi untuk menarik semakin banyak audiens. Kadang-kadang, foto yang bagus namun dengan caption yang penuh kesalahan ketik di mana-mana membuat orang justru malas membaca caption yang sudah capek-capek dibuat. Karena itulah Grammarly Keyboard muncul untuk meminimalisir kesalahan tersebut.

Grammarly Keyboard bekerja dengan cara memperbaiki kemungkinan salah ketik yang terjadi dan menyarankan kata pengganti yang benar dan mungkin lebih tepat untuk digunakan dalam caption. Bagian terbaiknya, semakin sering digunakan, Grammarly Keyboard akan membuat kualitas tulisan semakin baik karena aplikasi ini menggunakan teknologi untuk membaca kebiasaan pengguna.

#6 Planoly 

Apa yang menarik dari sebuah aplikasi bernama Planoly? Planoly membantu kamu membuat konten yang terkurasi dengan baik dalam umpan atau feed. Aplikasi ini ada untuk memastikan foto satu dengan foto lainnya di satu akun Instagram benar-benar memiliki tone yang sama untuk menjaga konsistensi tema yang telah dibangun sebagai citra.

Planoly memberikan rekomendasi foto atau jenis konten yang sedang menjadi tren agar akun kamu tetap up to date dan kontennya tetap menyesuaikan. Tidak bisa dipungkiri, feed adalah hal pertama yang dilihat oleh klien ketika hendak melakukan kerja sama dengan influencer. Jika feed kamu sudah tidak menarik di awal maka jangan harap klien akan menawarkan kerja sama.

6 aplikasi di atas sebaiknya ada di dalam ponsel pintar kamu jika ingin serius membuat konten yang indah dan menjual.