4 Game Simulasi Terpopuler

Meski level permainan ini sedang, namun game simulasi ini dimainkan oleh gamer dari semua kategori.




Ada banyak sekali permainan yang bisa dimainkan oleh para gamer di seluruh dunia. Mulai dari permainan mudah yang cukup dimainkan dengan satu tangan, hingga permainan tingkat tinggi yang membutuhkan keterampilan tangan dan strategi khusus. Mulai dari permainan perjalanan menuju garis akhir, pencarian harta karun, hingga permainan tembak-tembakan yang menguras tenaga dan menguji adrenalin.

Gamers pun terbagi dalam banyak kategori. Ada gamers yang hanya menyukai permainan yang santai, sedang, dan susah. Alasan memainkan permainan di setiap levelnya pun berbeda-beda, ada yang memainkan game hanya untuk mengisi waktu saat sedang libur dari kerjaan atau saat sedang menunggu sesuatu. Ada yang memainkan game dengan level sedang karena memang menyukainya, dan ada yang memainkan game yang cukup menantang untuk menguji adrenalin.

Pada tulisan kali ini, kami ingin mengulas game yang levelnya sedang yaitu game simulasi kota. Berikut ini adalah empat game simulasi yang paling banyak digemari para gamers baik oleh pemula maupun gamers yang sudah masuk kategori pro. Meski level permainan ini sedang, namun game simulasi ini dimainkan oleh gamer dari semua kategori. Game simulasi apa sajakah itu?

#1 SimCity

Yang menarik dari SimCity adalah kota yang ada dalam permainan adalah kota yang sama persis dengan aslinya. Misalnya kota London, yang tampil dalam permainan adalah persis dengan bentuk kota tersebut secara nyata dari sudut ke sudut. Namun pemain dapat melakukan improvisasi untuk kota yang dipilihnya.

Permainan SimCity sendiri sudah berkali-kali berganti versi dan versi paling terakhir adalah SimCity 4 yang sudah dimainkan lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.

#2 Cities Skyline

Para pemain game ini menyebutnya game dengan manajemen trafik terbaik.

Dengan tampilan yang sedikit menyerupai SimCity 2013, Cities Skyline hadir dengan beberapa kelebihan yang membuatnya terlihat lebih baik dari SimCity pada masa itu dengan peta yang lebih luas, skenario, distrik, dan dukungan mod yang ekstensif.

Pada awal permainan, mungkin pemain akan dibuat frustasi dengan permainan yang dimulai dengan manajemen trafik yang buruk, namun seiring berjalannya waktu dan konsistensi, pemain akan dipuaskan dengan hasilnya.

Membandingkan game sejenis dengan fitur serupa pun akan membuat Cities Skyline jadi game terbaik di kelasnya.

#3 City Life

City Life adalah salah satu game simulasi yang mengusung konsep 3D. Namun karena game ini adalah game yang dikeluarkan sekitar tahun 2008 di mana teknologi 3D masih terus dikembangkan, banyak pemain yang kecewa dan menganggap game ini membosankan. Pemain diberi kebebasan untuk membangun kotanya dengan cara menggambar gedung dan membuat pemain menjadi desainer sejati, namun pemain menemui kesulitan saat ingin menaruh bangunannya di tanah yang tidak pas sehingga bangunan harus diatur ulang.

Ada video tutorial untuk membantu pemain, namun sejatinya tidak banyak membantu. Meski sempat populer, namun perlahan City Life ditinggalkan penggunanya untuk beralih ke game lain yang sejenis karena tidak adanya pembaruan dari pengembang.

#4 Cities XXL

Awal kemunculannya pada tahun 2009, Cities XXL yang adalah sekuel dari Cities XL menarik banyak perhatian pencinta game simulasi. Dengan peta yang lebih besar dan lengkap, grafik yang memadai, dan tampilan yang sangat segar Cities XXL sempat mendominasi pasar.

Versi baru dari permainan ini muncul 6 tahun setelah pengembang sebelumnya dinyatakan bangkrut namun kehadirannya yang hanya membawa sedikit pembaruan dengan harga yang cukup mahal membuat permainan ini banyak ditinggalkan. Belum lagi, beberapa waktu berselang mulai bermunculan permainan serupa yang dapat dimainkan gratis meski tidak selengkap Cities XXL ini.

Dari keseluruhan permainan simulasi tersebut, SimCity adalah yang masih populer saat ini dengan pengguna lebih dari satu miliar. Namun begitu, semakin banyak pula game sejenis yang bermunculan dengan teknologi yang lebih baru seperti VR. Game yang mulai mengusung konsep tersebut di antaranya CloudCity VR, Broomsticks VR, Looking Glass, dan masih banyak lagi yang lainnya. Akankah SimCity tetap populer atau tergantikan oleh game dengan teknologi lebih baru? Atau mungkin SimCity setelah ini akan mengusung konsep serupa untuk tetap bertahan di pasar?